IT Governance

IT governance diartikan sebagai struktur dari hubungan dan proses yang mengarahkan dan mengatur organisasi dalam rangka mencapai tujuannya dengan memberikan nilai tambah dari pemanfaatan teknologi informasi sambil menyeimbangkan risiko dibandingkan dengan hasil yang diberikan oleh teknologi informasi dan prosesnya.

Tujuan IT Governance

  1. Menyelaraskan IT Resources yang sudah diinvestasikan jutaan dollar tersebut dengan strategi organisasi (agar menjadi enabler).
  2. Untuk mewujudkan IT Governance dalam suatu organisasi, maka suatu organisasi harus membangun struktur yang dinamakan dengan IT Governance Framework
  3. Memahami isu dan peran penting IT dalammemberi kemampuan organisasi untukmempertahankan operasinya danmengimplementasikan strategi yang diperlukanuntuk memperluas aktivitasnya dimasa depan.

Berdasarkan struktur IT Governance, maka semua sistem informasi yang ada di perusahaan (Sistem Informasi Bisnis) dapat diarahkan (govern) agar sejalan dan mendukung strategi organisasi. Dengan demikian, maka keberadaan berbagai bentuk sistem informasi dalam naungan SIM (Sistem Informasi Manajemen/SIM) perusahaan misalnya  dapat memaksimalkan tujuan utama organisasi tersebut, di antaranya meningkatkan kinerja, memenangkan persaingan, mencapai target penjualan dan sebagainya. Demikian pula, perusahaan kemudian dapat mereduksi resiko dari penggunaan TI (IT Risk) dan  pengendalian IT Process (disebut dengan IT Control) menjadi optimal.

Kegunaan IT Governance

  1. Keselarasan TI dengan perusahaan dan realisasi keuntungan-keuntungan yang dijanjikan dari penerapan TI.
  2. Penggunaan TI agar memungkinkan perusahaan mengekploitasi kesempatan yang ada dan   memaksimalkan keuntungan.
  3. Penggunaan sumber daya TI yang bertanggung jawab.
  4. Penanganan manajemen risiko yang terkait TI secara tepat